-->

Pelatihan Restocking Rajungan Menuju Jepara Lestari, Makmur dan Menjadi Pusat Wisata Kuliner.


   Secara geografis kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut. Sedangkan bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan. Wilayah kabupaten Jepara juga meliputi kepulauan yakni gugusan pulau-pulau di Laut  Jawa. Dua pulau terbesar di Jepara adalah pulau Karimunjawa dan pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam cagar alam laut Karimunjawa. Sedangkan pulau terdekat dengan pusat kota jepara adalah Pulau Panjang.

  Karena letaknya yang pesisir pantai maka tidak heran jika sebagian dari masyarakat Jeparamemiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Salah satu hasil laut Jepara adalah kepiting jenis rajungan, dan nelayan dari Jepara merupakan salah satu pemasok rajungan untuk kebutuhan ekspor di propinsi Jawa Tengah. Bahkan di Jepara telah berdiri sebuah pabrik ranjungan yang berada di desa Bandengan yang hasil olahannya di ekspor ke luar negeri.


   PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B bekerja sama dengan PT Central Java Power, UNDIP, TAKA dan dinas terkait mengadakan pelatihan restocking rajungan kepada KUB Berkah Samudra. Hadir sebagai narasumber acara tersebut Ir. Sri Redjeki M.Si, Ir Ita Riniatsih M.Si Dr Rudi Pribadi  Dr. Ir Munasik M.Sc sedangkan sebagai fasilitator perwakilan dari TAKA sdr. Haries Sukandar.


  Pelatihan restocking rajungan ini merupakan bagian dari program konservasi pulau panjang, dengan diadakannya pelatihan tersebut diharapkan selain menambah wawasan tentang budidaya atau cara menangkap menangkap rajungan, juga bisa menambah penghasilah para nelayan. Jika program ini berhasil maka Jepara akan menjadi kota yang lestari, menjadi kota pariwisata, menjadi pusat wisata kuliner dan hal itu akan berpengaruh kepada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakatnya.


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel